pentingnya saling mengenal

assalamu’alaikum

hai hai, apa kabar kakak-kakak yang cuantik dan guanteng sekalian? sebelumnya saya ucapkan  salam kenal untuk kalian, karena kalo kata orang tak kenal maka tak sayang, kalo tak kenal maka ta’aruf tak cinta dst. oke, berhubung ini post pertama, maka saya akan mencoba berbagi tentang pentingnya kita mengenal seseorang atau sesuatu dengan baik. dari beberapa artikel yang saya baca mengenai saling mengenal, saya mendapat beberapa kesimpulan.

oke, langsung check ke bawah:

  1. sudah merupakan kodrat kita sebagai manusia untuk saling mengenal satu sama lain. hal itu juga tertulis jelas di dalam Al Qur’an QS. Al-Hujurat: 13  “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orng yg paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yg paling bertakwa diantara kamu . Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal.”(Q.S al hujuraat: 13). dari ayat tesebut dapat kita ketahui dengan jelas bahwa sebenarnya kita diciptakan bukan untuk saling bermusuhan ataupun berperang melainkan untuk saling mengenal.
  2. berhubungan dengan orang lain tanpa saling memahami dan mengenal adalah hal yang berbahaya. kalau ada sedikit saja kesalahpahaman akan menjadi satu masalah besar. dalam lingkup kecil seperti hubungan antar individu mungkin akan menjadi suatu perselisihan ataupun pertengkaran. namun dalam lingkup yang luas seperti hubungan kenegaraan, suatu kesalahpahman bukan tidak mungkin akan mengakibatkan peperangan. maka hal pertama yang harus dilakukan saat berhubungan dengan orang lain adalah mengenal dan memahami (karena dari beberapa pilem yang pernah saya tonton, peperangan baik itu antar suku, antar ras maupun antar bangsa diakibatkan oleh ketakutan yang berlebihan karena tidak saling mengerti  😛 )
  3. dengan mengenal karakter seseorang kamu bisa bisa menilai apakah ia layak untuk dijadikan teman, rekan bisnis, pasangan hidup ataupun seseorang yang bisa sangat kamu percaya meskipun hanya untuk sekedar curhat (apa lagi mengenai hal yang sangat pribadi). karena di jaman sekarang ini kamu akan kesulitan menemukan seseorang yang bisa dipercaya. karena pada jaman ini kejujuran sudah layaknya permata yang langka. lihatlah begitu banyak orang yang tertipu oleh rekan bisnisnya. bahkan tak jarang seseorang merasa telah dipermalukan setelah curhat pada orang yang salah (baca: ember). karena belum tentu orang yang mendengarkanmu peduli padamu. bisa jadi ia hanya “kulakan” bahan gosip 😀 .
  4. dengan mengenal pribadi seseorang kita bisa mengetahui situasi dan menempatkan diri dengan baik saat berhadapan dengan dia. misalnya saja, saat pertama kali kamu menenal seseorang kamu akan bersikap sopan terhadapnya, namun seiring berjalannya waktu sikap itu akan semakin berubah ketika kamu semakin akrab dengannya. contohnya lagi, jangan sampai kamu menanggapi dengan serius saat teman mu mengajakmu bercanda. namun tidak lucu juga kamu mengajak bercanda atasanmu saat dia dalam keadaan emosi 😀 .
  5. saat kamu mengenal seseorang dengan baik, kamu tak akan mengalami kesulitan yang berarti saat kamu membutuhkan bantuan.  namun mungkin ini berlaku apabila mereka juga menilai kamu sebagai seseorang yang bisa dipercaya. jika demikian, mungkin akan ada banyak uluran tangan-tangan yang akan memberikan pertolongannya meskipun tanpa di minta. sekarang bayangkan seandainya kamu mau pinjem duit dengan seseorang yang baru kamu kenal kemarin. bukannya dapat duit bisa-bisa kamu malah dihajar habis sama doi  😀 .

Well, mungkin cukup segitu dulu sedikit ulasan dari saya. Kurang nya silahkan tambah sendiri lebih nya sudah saya ikhlaskan.
BowkZywIYAA2LzE.jpg medium

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s