MANFAAT DONOR DARAH

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang kemudian digunakan untuk transfusi darah. Donor darah mempunyai banyak sekali manfaat terutama bagi si penerima. Namun apakah kita yang sebagai penyumbang darah juga mendapatkan manfaat dari aktifitas tersebut?

Saya masih ingat dengan jelas waktu pertama kali donor, saya di beri tau oleh bapak petugas yang ngecek tensi darah tentang manfaat donor darah (mungkin agar saya gak kapok donor darah kali ya? πŸ˜€ ). katanya tiap tiga bulan sekali darah manusia itu di ganti, namun berbeda jika kamu rutin donor darah. Karena beberapa jam setelah melakukanya darah kamu yang hilang akan segera di ganti. Jadi kamu akan terlihat lebih segar dan pastinya kamu akan lebih sehat.
Nah, berikut ini beberapa manfaat dari donor darah:

  1. Kamu bisa cek kesehatan geratis.
    Sebelum darah di tranfusikan, darah akan di cek terlebih dahulu supaya diketahui bahwa darah tersebut tidak membawa penyakit. Nah biasanya, di formulir pendaftaran calon pendonor akan di isi identitas diri serta nomor telepon. Gunanya untuk memudahkan pihak PMI menghubungimu jika ternyata dalam darah kamu terdeteksi virus atau penyakit. Itu artinya kamu bisa mengatasi penyakit itu sedini mungkin. Namun, jika tak ada berita tentang tes darah tersebut, itu artinya pertanda baik πŸ™‚ .
  2. Menjaga kesehatan jantung.
    Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.
  3. Meningkatkan produksi sel darah merah
    Sebenarnya sih, sel darah merah akan secara alami berregenerasi jika sudah berumur sekitar 120 hari. Namun proses ini berbeda dengan orang yang rutin melakukan donor darah. Donor darah akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu hawatir dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.
  4. Ternyata donor darah bagus untuk diet dan kecantikan
    Buat kamu para wanita, ada kabar baik nih. Ternyata setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. Artinya ini akan membantu menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Selain menjaga berat badan, donor darah secara teratur juga akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Akibatnya, Keriput tidak mudah timbul dan kulit akan selalu mengencang. Tapi ingat, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program diet.
  5. Dengan donor darah kamu bisa jadi pahlawan loh.
    Dengan ikut donor darah, insya Allah kamu akan dapat pahala πŸ™‚ namun tentunya jika kamu ihklas. Selain dapat pahala kamu juga akan dapat kepuasan batin karena kamu telah menolong seseorang dengan menyumbangkan darah mu. Hmm, rasanya kamu seperti super hero penyelamat umat manusia :-D.

Nah lho, banyak kan manfaat tuh donor darah? setelah kamu tau manfaat nya apa kamu masih takut buat donor darah? Jika iya, maka mulai sekarang beranikanlah dirimu buat mencoba donor darah. Toh manfaatnya buat kamu juga kan? πŸ™‚ .

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s