KATANYA EMANSIPASI, TAPI KOK…

 

 

Karena kemarin bertepatan dengan tanggal 21 april, maka sebelumnya saya ucapkan selamat hari kartini. Tak dapat dipungkiri bahwa RA. Kartini merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di Indonesia terutama di kalangan wanita.
Ya, RA. Kartini merupakan salah seorang yang memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia. Dan nampaknya hasilnya sudah bisa kalian lihat sendiri. Kalian bisa melihat para wanita bebas memperoleh pendidikan tinggi, bisa bebas berkarir, bahkan Indonesia pernah mempunyai presiden seorang wanita.
Namun demikian terkadang ada saja sikap beberapa wanita bertolak belakang dengan semangat perjuangan para wanita yang menuntut kesetaraan gender (maksudnya gimana sih…?). masih bingung dengan yang saya maksudkan? Oke, nggak perlu lama-lama silahkan menyimak beberapa contoh yang saya tuliskan dibawah ini:
• Katanya emansipasi, tapi kok barang belanjaan minta dibawain cowoknya
Kalo kamu pernah menonton sinetron ataupun FTV, akan ada adegan si cewek minta ditemenin belanja cowoknya shopping. Si cowok selain nemenin ceweknya, dia juga berperan sebagai pembawa barang belanjaan. Si cowok ini, nggak berani nolak karena tiap kali mau nolak si cewek membacakan mantera ampuh pada cowok tersebut “aku kan cewek, masa kamu tega sih liat aku bawa-bawa kek gini??” dan si cowok menyerah pasrah :D.
• Katanya emansipasi, tapi kok minta jatah duduk cowok saat di kereta/bus
Ini keluhan dari temen-temen di medsos. Mereka (cowok) mengatakan, saat di kereta para cewe kadang minta jatah duduk pada para cowok (kadang cenderung nyolot) sehingga para cowok harus rela berdiri. Saat di tanya kenapa gitu? Jawaban mereka sederhana. “kamu kan cowok, harusnya ngalah sama cewek” (bitch please…!!! bukankah sekarang jamannya emansipasi wanita)
• Katanya emansipasi, tapi kok kalo makan yang bayar harus cowok
Oke, meskipun ini nggak semua dan tergantung juga pada pribadi masing-masing, tapi buat mas-mas dan mbak-mbak yang lagi pacaran seolah ada aturan kalo makan diluar si cowok yang harus membayar. Terutama buat yang masih sekolah, karena sama-sama tau bahwa mereka belum punya penghasilan sendiri harusnya ceweknya bisa lebih legowo buat bayar makanannya sendiri. Kecuali kalau buat yang udah kerja sih nggak masalah :D.
• Katanya emansipasi, tapi kok malu nembak duluan
Ehhh sory gaiis, topik terahir ini hanya sebagai hiburan, jadi abaikan saja

wanita-asal-madura-bekerja-sebagai-buruh-bangunan-di-tanjungpinang

ini baru wanita tangguh. (gambar by: batam.tribunnews.com )

Hal-hal diatas hanyalah salah satu contoh bahwa ada saja wanita yang bertolak belakang dengan semangat emansipasi wanita. Dan merupakan bukti bahwa kesetaraa gender tidak bisa menyentuh semua aspek (bukan berarti saya tidak mendukung adanya emansipasi wanita). Karena wanita dan pria memang diciptakan tuhan sudah sesuai kodratnya dan mempunyai perannya masing-masing.
Demikian semoga bermanfaat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s