ALIBI PARA PEROKOK JIKA DITEGUR

japan-138954_960_720

Sejak diangkatnya isu kenaikan harga rokok beberapa waktu lalu, sepertinya telah memicu perdebatan dimana-mana, tak terkecuali di media sosial. Isu kenaikan harga rokok yang mencapai 50 ribu rupiah ini di tentang keras oleh banyak orang (terutama perokok). Namun di sisi lain, rencana tersebut mendapat sambutan hangat dari para aktivis anti rokok

Dari kubu anti rokok tak henti mengeluarkan seluruh amunisi untuk menyudutkan para perokok. Sedangkan dari para perokok juga tak begitu saja menyerah, segala usaha mereka kerahkan untuk menangkis semua argumen dari kubu anti rokok. Dan saya? Saya berada di pihak netral dan haya menonton mereka perang argumen. Tak jarang keluar argumen yang ngawur dan tidak logis yang membuat saya tertawa.

Oke, disini saya tidak akan membahas tentang dampak negatif dan positif dari si mbako linting alias rokok ini, karena kalian lebih tau dan saya percaya kalian juga tau apa yang terbaik untuk diri kalian sendiri. Saya juga tidak akan berbicara tentang isu kenaikan harga rokok yang fantastis tersebut.

Saya cuma mau kasih tau kalian jika suatu saat kalian menegur sodara, bapak, om, ataupun temen kalian tentang kebiasaan merokoknya, siap siap aja dapet jawaban kayak gini:

  • Duit duit gue, terserah mau gue apain

Ini yang biasanya pertama kali keluar dari mulut mereka (perokok) saat ditegur seseorang. Mereka merasa mereka sudah susah payah cari uang dan mereka berhak untuk menggunakannya sesuai kemauan mereka (termasuk buat beli rokok) tanpa ada seorangpun yang bisa mengatur mereka.

  • Ngerokok nggak ngerokok pasti juga bakalan mati

Biasanya jawaban ini keluar jika dikatakan padanya tentang bahaya berokok untuk kesehatan. Mereka berpendapat jika kematian itu berada di tangan tuhan. Dan siapapun yang mati itu karena sudah waktunya. Menurutnya, merokok bukan merupakan penyebab kematian. Hmmm saya rasa ini adalah jawaban paling bijak. Namun kelihatannya mereka tidak membaca peringatan yang terdapat pada bungkus rokok bahwa merokok dapat meyebabkan berbagai macam penyakit kronis.

  • Kakek ane ngerokok sejak muda nyatanya sehat-sehat aja

Saya rasa ini adalah alasan paling logis untuk membantah segala macam riset ilmiah yang di tunjukkan oleh aktivis anti rokok. Berbekal pengalaman dan data yang real karena sumber data juga berasal dari anggota keluarga, mereka mempercayai bahwa bahaya rokok yang selama ini di kampanyekan para aktivis anti rokok hanya mitos 😀 . Tapi mereka mengabaikan fakta bahwa banyak pula yang terserang penyakit kronis akibat kebiasaan merokok. Itu juga menunjukkan bahwa daya tahan tubuh seseorang dalam menghadapi rokok memang berbeda-beda.

  • Ane ngerokok kan supaya buruh pabrik rokok nggak jadi pengangguran

Alasan seperti ini dan semacamnya seperti membantu petani tembakau lah, menyuplai APBN lah, lebih sering keluar saat ini sebagai alasan untuk menolak kenaikan harga rokok. Karena jika harga rokok benar-benar naik, mereka pikir ngga ada yang mau beli rokok. Otomatis pabrik rokok bangkrut yang berakibat PHK massal dan negara kehilangan salah satu sumber pemasok APBN. Wow,, mereka benar-benar manusia berjiwa patriot (sambil tepuk tangan 😀 ), mereka rela mengorbankan nyawa mereka demi negara.

Itu tadi beberapa alasan yang digunakan oleh baper (bapak perokok) jika ditegur oleh orang lain. Tapi kalau dipikir-pikir ada benarnya juga sih 😛 . Tapi masih banyak alasan lain sebenarnya, baik masuk akal ataupun malah bikin ketawa. Tapi jika dituliskan akan membuat tulisan ini jadi panjang dan membosankan

Saya sendiri bukan perokok, tapi juga tak pernah ngelarang orang lain buat merokok (kecuali anggota keluarga). karena saya tau jika saya tegur pun nggak ada gunanya. karena mereka memang ahlinya ngeles 😛 dan seolah menegaskan jika merokok memang memberi inspirasi bagi mereka untuk menyusun argumen dan mencari alibi 😀 .

Sebagai penutup, saya tidak akan mengatakan kalau merokok itu nggak baik, karena kalian lebih tau mana yang baik dan mana yang nggak buat diri kalian sendiri. Tapi saya ingin mengingatkan jika kalian merokok, cobalah hargai kiri-kanan kalian dengan merokok di tempat dan waktu yang tepat 🙂 .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s